PROGRAM KONSERVASI PENYU KARIMUN JAWA

09 Februari, 2011

Hoping that this year will much better!!

Salam Hangat untuk semua….

Sebelumnya kami mohon maaf atas ketidaknyamanan mengunjungi blog penyu karena informasi yang kadaluarsa. Informasi dari perkembangan konservasi penyu di Karimunjawa akan kami sajikan bagi pengunjung blog penyu. Berikut kami sampaikan beberapa perkembangan yang terjadi dalam tiga tahun terakhir.

Saat ini terdapat dua tempat Penetasan Semi Alami (PSA) Penyu di TN Karimunjawa yaitu di Pulau Menjangan Besar dan di Kemujan. PSA penyu di Kemujan baru dibangun pada tahun 2009, sampai dengan saat ini PSA Kemujan telah menetaskan 1647 butir, 534 ekor tukik yang menetas berhasil dilepaskan kembali kea lam. Persentase penetasan yang masih rendah (32%) menjadi bahan evaluasi bagi kami.

Temuan yang menggembirakan pada bulan maret 2010 dengan adanya laporan sarang penyu hijau di pulau Cendekian. Memang selama ini diKarimunjawa diketahui terdapat dua jenis penyu yaitu penyu hijau (Chelonia mydas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbricata), namun sejak dibuatnya PSA pada tahun 2003, hanya ditemukan sarang penyu dari jenis penyu sisik.

Tidak ada komentar: